Kesimpulan

Hasil dan Kesimpulan         

Setelah menjalani kegiatan pembelajaran mata kuliah Character Building Kewarganegaraan di luar kelas yaitu dengan melakukan kegiatan kepedulian terhadap lingkungan seperti kegiatan yang kami lakukan yaitu dengan belajar mendaur ulang sampah plastik, mensosialisasikan mengenai lingkungan yang sehat dan tidak sehat dan cara-cara untuk menjaga lingkungan kepada anak-anak yang ada di RPTRA Dupa Wangi, kami juga mengajak mereka untuk membuat karya daur ulang.

Dari kegiatan kepedulian terhadap lingkungan tersebut, kami belajar bagaimana cara untuk mendaur ulang sampah plastik dan menggunakannya lagi untuk keperluan lain, kami juga melatih kreativitas atau daya cipta kami. Dari kegiatan ini juga kami belajar lebih baik lagi bagaimana cara untuk berkomunikasi dengan orang lain secara formal dan juga cara untuk berinteraksi secara menarik dengan anak-anak kecil. Dan yang terpenting adalah kami juga belajar bersama bagaimana cara untuk menjaga lingkungan

Refleksi

1. Angelina Robert – 2001596660

Dengan adanya kegiatan ini, saya sebagai ketua kelompok merasakan banyak manfaat yang saya dapatkan. Saya dapat melatih kepemimpinan saya, belajar lebih bertanggung jawab, meningkatkan keberanian saya, meningkatkan kemampuan berkomunikasi, bersosialisasi, dan berinteraksi dengan orang lain dan juga khalayak.

Para pengurus di RPTRA Dupa Wangi bersikap sangat ramah terhadap saya dan teman-teman. Saya merasa keberadaan saya diterima di tempat tersebut. Mereka pun turut membantu kami dalam mempersiapkan alat pengeras suara dan mengumpulkan anak-anak SD yang berada di RPTRA Dupa Wangi.

Saya berharap silahturahim antara kami dengan masyarakat di RPTRA Dupa Wangi tetap terjaga dengan baik. Harapan saya juga agar ada mahasiswa Universitas Bina Nusantara lainnya yang dapat meneruskan kegiatan serupa atau yang lainnya di RPTRA Dupa Wangi.

2. Virginia Augustin – 2001568386

Dengan adanya kegiatan ini , kita bisa jadi lebih mendekatkan diri terhadap anak – anak. Walaupun ada berbagai kesulitan salah satunya dalam pembelajaran membuat karya – karya dari bahan daur ulang , tapi bisa kita tempuh sama – sama dan membuat hubungan kelompok kami menjadi lebih dekat. Dan juga dengan belajar membuat karya daur ulang kita juga menyadari masih betapa pentingnya barang – barang yang tidak terpakai masih bisa menjadi barang serba guna.

3. Hengky Chandra – 2001541554

Sama seperti yang dikatakan oleh Virginia dan Angelina, kita bisa lebih menghargai dan mencintai lingkungan karena fakta bahwa sampah plastik sulit terurai dan sangat banyak sekali di luaran sana maka kita menyadari pentingnya mendaur ulang sampah untuk keperluan yang lain seperti menjadi pernak pernik atau menjadi sesuatu yang bernilai.

Kita juga mengajarkan pada anak-anak tentang pentingnya daur ulang, mereka juga bisa memahami bahwa sampah tersebut sekarang sudah mencemari lingkungan. Dan juga dengan metode pengajaran seperti ini kita juga semakin dekat dengan mereka dan melatih komunikasi kami dengan anak-anak. Kami juga senang sangat banyak RPTRA yang cukup membantu anak-anak dan lingkungan agar kembali asri dan melakukan kegiatan-kegiatan sosial lainnya.

4. Naufal Ilham Adzanto – 2001574722

Terima kasih kepada pihak yang mengadakan tugas ini , karena saya pun jadi  belajar sebuah kerjasama sangatlah penting dan membuat kelompok kami lebih erat, dan saya pun juga belajar masih betapa pentingnya kegunaan barang – barang bekas, karena kita tahu kebanyakan orang indonesia di saat memakai barang yang sudah tidak butuh langsung dibuang oleh karena itu kegiatan daur ulang sangatlah bagi kita anak muda untuk lebih dalam belajar menghargai barang – barang bekas. Dan juga pentingnya belajar berkomunikasi dengan anak – anak.

5. Norman Nugroho – 2001619651

Menurut saya banyak sekali suka duka yang kita rasakan , selama perjalanan dari awal teman – teman saya datang ke tempat saya belajar membuat prakarya , saya pun belajar membuat prakarya daur ulang masih banyak manfaatnya. Dan juga saya pun yang tidak terlalu bagus berinteraksi dengan anak – anak , sudah bisa belajar menyesuaikan diri dengan anak – anak. Dan juga tak lupa terima kasih kepada teman saya angel dan virgin yang juga membantu dan membimbing belajar prakarya untuk satu sama lain.

Video kegiatan selama project : https://youtu.be/IUVuh4LzlaU

Absensi 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *